(SeaPRwire) –   BRUSSELS, Belgia, 25 Januari 2024 — European Bioplastics (EUBP) merilis Manifesto Kebijakannya hari ini, memanggil Uni Eropa (UE) untuk mengembangkan Rencana Aksi Industri Biopolimer Komprehensif untuk mempercepat pertumbuhan industri bioplastik.

EUBP percaya bahwa Strategi Ekonomi Bio yang dapat dijalankan, mendukung basis industri biopolimer yang kuat, seharusnya menjadi salah satu unsur paling penting dari siklus kebijakan UE berikutnya EUBP memanggil Komisi dan penyusun undang-undang masa depan untuk mengembangkan Rencana Aksi Industri Biopolimer, mengutamakan 6 poin kunci berikut:

  1. Mengharmoniskan peraturan: Ada kekurangan integrasi konsep dan prioritas ekonomi bio dalam kerangka peraturan UE yang ada, meskipun ada dukungan politik tingkat tinggi untuk ekonomi bio. UE harus menyelaraskan peraturan untuk menciptakan medan laga yang adil untuk bioplastik.
  2. Mendorong akses bahan baku berkelanjutan: UE perlu menyeimbangkan energi bio dan produk berbahan dasar bio yang berkelanjutan.
  3. Meningkatkan dukungan keuangan untuk inovasi teknologi: Memperbesar proses manufaktur bioplastik untuk memenuhi permintaan komersial dapat menantang secara teknis dan akan membutuhkan lingkungan keuangan yang menguntungkan bagi inovasi untuk dapat tumbuh skala.
  4. Menutup kesenjangan infrastruktur dan memberikan insentif untuk mengakses pengumpulan limbah makanan: Mencapai ekonomi sirkular untuk bioplastik membutuhkan infrastruktur daur ulang mekanik, kimia, dan organik yang kuat, serta akses ke infrastruktur ini. UE harus menginvestasikan lebih banyak dalam infrastruktur untuk pengumpulan, penyortiran, dan daur ulang limbah makanan, untuk mendukung pertumbuhan industri bioplastik.
  5. Meningkatkan penyerapan pasar: Insentif pasar diperlukan di Eropa untuk menjaga hasil investasi publik dan swasta agar tidak dipanen di tempat lain. UE harus menciptakan medan laga yang adil bagi plastik berbahan dasar bio, biodegradable, dan komposable.
  6. Meningkatkan kesadaran konsumen: Banyak konsumen masih tidak menyadari manfaat lingkungan sebenarnya dari alternatif berbahan dasar bio atau yang dapat dikompos. UE harus meningkatkan kesadaran konsumen akan manfaat bioplastik untuk membantu mendorong permintaan.

“Bioplastik memiliki potensi untuk berperan signifikan dalam mengurangi dampak lingkungan dari plastik,” ungkap Hasso von Pogrell, Managing Director EUBP. “Namun, industri membutuhkan kerangka kebijakan yang jelas dan mendukung untuk mencapai potensi penuhnya.”

Manifesto ini didukung oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk produsen bioplastik, konverter, dan pengguna akhir.

“Kami memanggil UE untuk memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan industri bioplastik yang makmur yang akan memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi,” kata Roberto Ferrigno, Kepala Urusan UE di EUBP.

EUBP berkomitmen untuk bekerja sama dengan UE dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengembangkan dan menerapkan Rencana Aksi Industri Biopolimer tersebut.

Anda dapat membaca manifesto penuh di sini: .

Kontak

Marion Thérage, Manajer Komunikasi

T: +4916094450233

Email:

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.