Toby Keith Performing

(SeaPRwire) –   Penyanyi musik _country_ legendaris Toby Keith yang dikenal karena gaya patriotiknya meninggal dunia pada hari Senin dalam usia 62 tahun.

Penyanyi-penulis lagu “Beer For My Horses” tersebut telah berjuang melawan kanker perut sejak tahun 2022 dan meninggal dunia dengan tenang dikelilingi oleh keluarganya, demikian unggahan di situs web-nya.

“Toby Keith meninggal dunia dengan tenang pada malam tanggal 5 Februari, dikelilingi oleh keluarganya. Ia berjuang melawan penyakitnya dengan anggun dan berani. Harap hormati privasi keluarganya saat ini,” demikian pernyataan tersebut menambahkan. 

Penyanyi dengan tinggi badan 193 cm ini lahir di Oklahoma dan menghabiskan satu dekade pertama dari kehidupan profesionalnya sebagai sebelum ia di-PHK ketika pasar minyak mulai rontok pada tahun 1980-an. Ia kemudian bermain sepak bola Amerika semi-profesional sebelum akhirnya menemukan kesuksesan sebagai penyanyi-penulis lagu. Di awal tahun 1990-an, ia pindah ke Nashville, TN, dan tak lama kemudian menandatangani kontrak rekaman dengan Mercury Records. 

Pada tahun 1993, ia merilis album debutnya “Toby Keith.” _single_ utama dari album tersebut, “Should’ve Been a Cowboy” meraih lebih dari 3 juta pemutaran di radio _country_ dan menjadi _hit_ nomor satu di lagu-lagu.

Keith sering mengungkapkan pandangan politiknya yang kontroversial dalam musiknya. Setelah serangan 11 September, ia merilis sebuah lagu berjudul “Courtesy of the Red, White, and Blue” yang mengancam mereka yang berani menyakiti AS. “Anda akan menyesal telah mengacaukan AS,” demikian lagu tersebut. “Kami akan menendang pantat Anda—itulah cara Amerika.”

Setelah Natalie Maines, seorang penyanyi dari The Chicks (sebelumnya disebut Dixie Chicks) menyebut lagu Keith bodoh dan mengatakan kepada penonton bahwa dia dan rekan-rekannya malu dengan Presiden Bush karena invasi AS ke Irak, Keith menanggapi dengan di sebelah Saddam Hussein dan tampil di depan foto tersebut sebagai latar belakang konsernya.

Rekan penyanyi-penulis lagu Steve Earle menyebut “Courtesy of the Red, White, and Blue” sebagai “pemanja insting terburuk masyarakat di saat mereka terluka dan takut.” 

Aktivisme politik Keith tidak terbatas pada musik. Ia mengikuti 11 tur USO dan tampil untuk anggota dinas Amerika di luar negeri. Ia juga telah mengumpulkan jutaan dolar untuk badan amal di Oklahoma asalnya, termasuk untuk anak-anak dan keluarga yang berjuang melawan kanker.

Keith dilantik ke dalam Songwriters Hall of Fame pada tahun 2015.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.