Dalam ilustrasi foto ini, logo Bluesky tampil pada

(SeaPRwire) –   Bluesky, jejaring sosial mirip Twitter yang dijunjung tinggi oleh salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, telah keluar dari kepompongnya dan sekarang memungkinkan siapa saja untuk membuat akun dan bergabung dengan layanan tersebut.

Hingga Selasa, siapa pun yang ingin bergabung dengan Bluesky memerlukan undangan, yang biasanya berarti mencari anggota yang sudah ada dan memohon undangan. Periode khusus undangan itu memberikan waktu kepada situs untuk membangun peralatan moderasi dan fitur-fitur lainnya, kata Bluesky.

Bluesky menyerupai Twitter — sekarang dikenal sebagai X setelah miliarder Tesla, Elon Musk membayar $44 miliar untuk perusahaan tersebut — dalam banyak hal, meskipun belum menawarkan pesan langsung antar pengguna. Namun, Bluesky menawarkan lebih banyak opsi kustomisasi, meskipun masih belum jelas apakah opsi-opsi ini akan menarik bagi pengguna.

Secara bawaan, Bluesky menampilkan postingan oleh akun yang Anda ikuti di linimasa linear, meskipun memungkinkan juga untuk beralih ke linimasa berbasis algoritma yang dibuat oleh pengguna lain. Layanan tersebut melakukan moderasi sendiri tetapi juga berencana untuk membiarkan penggunanya menyusun bersama skema moderasi alternatif. Fitur itu belum diaktifkan.

Dan setelah semuanya benar-benar berjalan dengan baik, Bluesky berencana untuk membebaskan pengguna dengan mengizinkan mereka memindahkan koleksi teman, pengikut, dan data lainnya ke jejaring sosial pesaing. Seperti yang dikatakan perusahaan dalam halaman kartun yang aneh dalam pengumuman hari Selasa lalu, Bluesky bertujuan untuk menjadi “.

Dalam praktiknya, kemungkinan besar tidak akan semudah itu. Istilah teknis untuk membuat jejaring sosial dapat dioperasikan bersama dengan cara seperti ini adalah “federasi”, dan ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan situs untuk berfederasi. Misalnya, Mastodon dan situs-situs mikroblog lain yang serupa — termasuk layanan — menggunakan algoritma federasi yang disebut ActivityPub yang memungkinkan pengguna berpindah-pindah di antara situs-situs tersebut.

Nyatanya, Threads telah mulai bereksperimen dengan berbagi postingan ke Mastodon dan layanan lainnya menggunakan ActivityPub. “Menjadikan Threads dapat dioperasikan bersama akan memberi lebih banyak pilihan kepada orang-orang tentang cara berinteraksi dan akan membantu agar konten menjangkau lebih banyak orang,” kata CEO Meta pada bulan Desember. “Saya cukup optimis tentang hal ini.”

Sebaliknya, Bluesky mengadopsi algoritma federasi yang disebut Protokol Transfer Autentikasi dan sejauh ini merupakan satu-satunya layanan seperti itu yang menggunakannya. Draf untuk protokol tersebut berpendapat bahwa ActivityPub membuatnya rumit untuk mentransfer akun dan bahwa protokol itu tidak memiliki fitur-fitur penting lainnya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.