Australia Australia Day

(SeaPRwire) –   SYDNEY — Ribuan orang Australia memprotes peringatan penjajahan Britania atas negara mereka dengan kerumunan besar Jumat mendesak agar Hari Australia dipindahkan dan untuk hari berkabung pada hari libur yang disebut beberapa orang sebagai “Hari Invasi”.

Hari libur ini menandai kedatangan 11 kapal Britania membawa narapidana di Port Jackson di Sydney saat ini pada 26 Januari 1788. Bagi banyak aktivis, hari itu menandai awal diskriminasi berkelanjutan dan pengusiran orang asli dari tanah mereka tanpa perjanjian.

Ribuan orang, banyak di antaranya melambai-lambaikan bendera asli, berunjuk rasa di depan parlemen negara bagian Victoria di Melbourne, meminta agar hari berkabung resmi diumumkan di seluruh Australia. Kerumunan besar di Sydney bersorak agar tanggal Hari Australia dipindahkan. Unjuk rasa telah diorganisir di setiap kota besar di negara ini.

Pada Kamis, dua monumen yang melambangkan masa lalu kolonial Australia rusak di Melbourne. Patung perwira angkatan laut Inggris James Cook, yang pada tahun 1770 memetakan pantai Sydney, dipotong di pergelangan kaki, dan monumen Ratu Victoria disiram cat merah.

Orang asli Aborigin dan Torres Strait Islander mewakili 3,8% populasi Australia sebesar 26 juta, menurut sensus Biro Statistik pada tahun 2021. Orang asli adalah minoritas etnis paling terpinggirkan di negara ini.

Ketegangan tinggi setelah pemilih Australia secara bulat menolak referendum Oktober untuk menciptakan komite advokasi untuk memberikan saran kepada parlemen tentang kebijakan yang mempengaruhi orang asli. Pemerintah mengusulkan perubahan konstitusi pertama sejak 1977 sebagai langkah maju dalam hak-hak asli.

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan Jumat bahwa hari nasional adalah kesempatan bagi orang Australia untuk “berhenti dan merenungkan segala yang telah kita capai sebagai bangsa.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.