Panama's former president Ricardo Martinelli speaks during a press conference at the Realizando Metas party headquarters in Panama City, on June 27, 2023.

(SeaPRwire) –   Mantan Presiden Panama Ricardo Martinelli diberikan suaka politik di Nikaragua pada Rabu setelah putusan pengadilan tinggi terhadapnya yang dapat mengacaukan pemilihan presiden di mana ia menjadi calon terdepan.

Martinelli saat ini berada di dalam kedutaan Nikaragua di Panama City dan telah mengajukan dokumen yang akan menjamin keselamatannya untuk pergi ke negara tersebut, kata juru bicaranya Luis Eduardo Camacho kepada para reporter.

Pengadilan tertinggi Panama pada Jumat menguatkan hukuman penjara 10 tahun terhadap Martinelli karena pencucian uang. Survei menunjukkan mantan presiden ini memimpin perolehan suara dengan selisih yang lebar menjelang pemilihan 5 Mei, namun vonis tersebut kemungkinan akan menghilangkan kemampuannya untuk maju dalam pemilihan. Badan pemilihan harus mengeluarkan keputusan apakah ia bisa maju atau tidak.

This frame from a video footage obtained by AFP shows Panamanian former President Ricardo Martinelli inside the Nicaraguan embassy in Panama City, on Feb. 7, 2024.

Kementerian Urusan Luar Negeri Nikaragua mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memberikan permintaan suaka Martinelli “mengingat ia dianiaya karena alasan politik dan nyawa, keselamatan jasmaninya berada dalam bahaya yang nyata.”

Sebuah jajak pendapat minggu ini menunjukkan sebagian besar pemilih belum memutuskan jika Martinelli dilarang maju, dengan anggota dewan independen Zulay Rodriguez memimpin di antara pemilih yang sudah memutuskan. Rodriguez menentang kontrak pertambangan baru dengan perusahaan Kanada First Quantum Minerals Ltd. tahun lalu.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.