Kejadian Listeria Terkait Keju California

(SeaPRwire) –   Sebuah perusahaan keju dan produk susu California menjadi sumber wabah keracunan makanan listeria satu dekade yang menyebabkan dua orang meninggal dunia dan lebih dari dua lusin orang lainnya sakit, kata pejabat kesehatan federal, Selasa.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) telah menautkan keju lunak dan produk susu lainnya yang diproduksi oleh Rizo-Lopez Foods of Modesto, California, dengan wabah, yang pertama kali terdeteksi pada Juni 2014.

Sejak saat itu, setidaknya 26 orang di 11 negara bagian telah jatuh sakit. Mereka termasuk satu orang yang meninggal di California pada tahun 2017 dan satu orang yang meninggal di Texas pada tahun 2020, kata pejabat CDC.

Pada hari Senin, lebih dari 60 keju lunak, yogurt, dan krim asam yang dijual dengan merek Tio Francisco, Don Francisco, Rizo Bros, Rio Grande, Food City, El Huache, La Ordena, San Carlos, Campesino, Santa Maria, Dos Ranchitos, Casa Cardenas, dan 365 Whole Foods Market.

CDC sebelumnya menyelidiki beberapa kasus keracunan makanan terkait queso fresco dan jenis keju sejenis lainnya pada tahun 2017 dan 2021, namun tidak ada cukup bukti untuk mengidentifikasi sumbernya.

Penyakit baru dilaporkan pada bulan Desember yang mendorong CDC untuk membuka kembali penyelidikan. Jenis listeria yang terkait dengan wabah ditemukan dalam sampel keju dari Rizo-Lopez Foods. Pejabat federal mengkonfirmasi bahwa queso fresco dan cojita yang dibuat oleh perusahaan tersebut membuat orang sakit.

Produk yang ditarik didistribusikan secara nasional di beberapa toko dan konter ritel, termasuk El Super, Cardenas Market, Northgate Gonzalez, Superior Groceries, El Rancho, Vallarta, Food City, La Michoacana, dan Numero Uno Markets.

Infeksi Listeria dapat menyebabkan penyakit serius dan, dalam kasus yang jarang terjadi, kematian. Orang yang sedang hamil, berusia lebih dari 65 tahun, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan. Gejala seperti nyeri otot, demam, dan kelelahan biasanya mulai dalam waktu dua minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, tetapi dapat dimulai lebih awal atau lambat.

CDC mengatakan kepada konsumen yang memiliki produk ini harus membuangnya dan membersihkan kulkas, meja, dan tempat kontak lainnya secara menyeluruh. Listeria dapat bertahan di dalam kulkas dan dengan mudah mengkontaminasi makanan dan permukaan lainnya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.