(SeaPRwire) –   SANTIAGO, Chile — Petugas pemadam kebakaran berjuang pada hari Minggu dengan api hutan besar yang muncul di Chile bagian tengah dua hari sebelumya, saat otoritas memperpanjang jam malam di kota-kota yang paling parah terkena dampak kebakaran dan berkata setidaknya 64 orang tewas.

Kebakaran tersebut telah membakar dengan intensitas tertinggi di sekitar kota Viña del Mar, di mana sebuah taman botani terkenal yang didirikan pada tahun 1931 dihancurkan oleh api pada hari Minggu. Setidaknya 1.600 orang kehilangan tempat tinggal.

Beberapa lingkungan di tepi timur Viña del Mar telah dilalap api dan asap, menjebak beberapa orang di rumah mereka. Otoritas berkata 200 orang dilaporkan menghilang di Viña del Mar dan wilayah sekitarnya. Kota yang berpenduduk 300.000 orang ini merupakan tempat peristirahatan pantai yang populer dan juga menyelenggarakan festival musik terkenal selama musim panas belahan bumi selatan.

Rodrigo Mundaca, gubernur wilayah Valparaiso, berkata hari Minggu bahwa ia percaya beberapa dari kebakaran itu dapat disebabkan dengan sengaja, meniru teori yang telah disebutkan pula pada hari Sabtu oleh Presiden Gabriel Boric.

“Kebakaran ini dimulai dari empat titik yang menyala secara bersamaan,” kata Mundaca. “Sebagai otoritas, kita harus bekerja keras untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab.”

Kebakaran di sekitar Viña del Mar dimulai di hutan pegunungan yang sulit dijangkau. Namun, kebakaran tersebut telah beralih ke lingkungan yang padat penduduk di pinggiran kota itu meskipun ada upaya oleh otoritas Cile untuk memperlambat api.

Pada hari Sabtu, Presiden Gabriel Boric berkata suhu yang luar biasa tinggi, kelembapan rendah, dan kecepatan angin kencang mempersulit pengendalian kebakaran hutan di Chile bagian tengah, yang telah membakar 8.000 hektare hutan dan wilayah perkotaan.

Otoritas meminta masyarakat di wilayah yang terkena dampak kebakaran untuk mengungsi dari rumah mereka secepat mungkin, sementara masyarakat yang lebih jauh dari kebakaran diminta untuk tinggal di rumah guna memfasilitasi transit pemadam kebakaran dan ambulans.

Jam malam telah diumumkan di Viña del Mar, dan kota-kota tetangga, Quilpé, dan Villa Alemana sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penjarahan.

Kebakaran tersebut muncul selama minggu dengan suhu tinggi yang memecahkan rekor di Chile bagian tengah. Selama dua bulan terakhir, pola cuaca El Niño telah menyebabkan kekeringan dan suhu tinggi di Amerika Selatan bagian barat yang juga telah meningkatkan risiko kebakaran hutan.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.