Turkey Attack

(SeaPRwire) –   ISTANBUL (AP) — Kelompok Negara Islam mengklaim bertanggung jawab atas serangan di gereja Istanbul selama Misa Minggu yang menewaskan satu orang, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Minggu malam.

Kelompok ekstremis itu mengatakan bahwa “mereka menyerang pertemuan orang-orang kafir Kristen selama upacara politeisme mereka” di dalam Gereja Santa Maria di lingkungan Buyukdere di Istanbul pada Minggu.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan sesaat sebelum tengah malam bahwa dua pria yang ia gambarkan sebagai anggota gerakan ekstrem Negara Islam telah ditangkap karena serangan itu. Salah satu tersangka berasal dari Tajikistan, dan yang lain berasal dari Rusia.

Pernyataan yang mengklaim tanggung jawab diterbitkan di Aamaq, lengan media kelompok militan, bersama foto dua pria bertopeng memegang senjata yang diidentifikasikan sebagai pelaku serangan.

Ia menggambarkan serangan itu membunuh satu orang dan melukai orang lain, sementara otoritas Turki mengatakan tidak ada yang terluka selain orang yang tewas.

Yerlikaya mengatakan polisi telah menggerebek 30 lokasi dan menahan total 47 orang sebagai bagian dari penyelidikan serangan itu.

“Kami tidak akan pernah mentolerir mereka yang mencoba mengganggu perdamaian negara kami – teroris, kolaborator mereka, baik kelompok kriminal nasional maupun internasional, dan mereka yang bertujuan pada persatuan dan solidaritas kami,” kata Yerlikaya.

Pada 3 Januari tahun ini, 25 anggota diduga Negara Islam ditangkap di seluruh Turki, dituduh merencanakan serangan terhadap gereja dan sinagoge, menurut kantor berita negara Anadolu.

Negara Islam sebelumnya tidak pernah menargetkan tempat ibadah di Turki, tetapi kelompok militan itu telah melakukan serangkaian serangan mematikan di negara itu, termasuk penembakan di klub malam Istanbul pada 2017 yang menewaskan 39 orang, dan serangan bom di Ankara pada 2015 yang menewaskan 109 orang.

______________

Maamoun Youssef di Kairo membantu laporan ini.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.