(SeaPRwire) –   Sepuluh tahun lalu, seseorang yang mengetuk pintu rumah Anda untuk menjual panel surya kemungkinan akan menjual panel surya. Sekarang, mereka kemungkinan besar menjual produk keuangan—kemungkinan besar sewa atau pinjaman.

Mary Ann Jones, 83, tidak menyadari ini telah terjadi padanya sampai dia menerima panggilan tahun lalu dari GoodLeap, perusahaan teknologi keuangan, mengatakan dia berutang $52.564,28 untuk pinjaman panel surya yang berakhir ketika dia berusia 106 tahun, dan biayanya lebih mahal daripada yang dia bayar untuk rumahnya semula.

Pada tahun 2022, katanya, seorang penjual pintu ke pintu dari perusahaan Solgen Construction muncul di rumahnya di pinggiran Fresno, California, mendorong apa yang dia klaim sebagai program pemerintah yang terafiliasi dengan utilitasnya untuk mendapatkan panel surya gratis. Pada satu titik, katanya, dia membuatnya menyentuh perangkat tabletnya, tetapi dia tidak pernah mengatakan bahwa dia menandatangani kontrak dengan Solgen atau dokumen pinjaman dengan GoodLeap. Tanpa sepengetahuan Jones, penjual menggunakan “yoursolarguyujosh@gmail.com” sebagai alamat email yang diduga—tentu saja, itu bukan alamat emailnya. Dia menerima pendapatan tetap sebesar $ 960 per bulan, dan tidak mampu membayar pinjaman yang dia katakan dia tipu untuk menandatanganinya; sekarang dia berjuang melawan baik Solgen dan Goodleap di pengadilan.

Kasusnya tidak lazim. Pelanggan surya di seluruh negeri mengatakan bahwa penjual mengaburkan ketentuan keuangan khusus dan memburamkan nilai produk yang mereka jual. Kasus pengadilan terkait mulai bertumpuk. “Saya telah mempraktikkan hukum konsumen selama lebih dari satu dekade, dan saya belum pernah melihat apa pun seperti yang kita lihat sekarang di industri surya,” kata , yang mewakili Jones dan mengatakan firmanya menerima “beberapa” panggilan setiap minggu dari klien potensial dengan cerita serupa.

Pelanggan marah bukan satu-satunya alasan industri surya bermasalah. Beberapa perusahaan surya publik terbesar di negara ini berjuang untuk tetap bertahan hidup ketika pertanyaan muncul tentang kelayakan produk keuangan yang mereka jual baik kepada konsumen maupun investor untuk mendanai operasi berkembang mereka.

Masalah keuangan yang mengintai ini dapat menumbangkan industri surya perumahan di saat surya seharusnya menyelamatkan dunia. Meskipun surya hanya mewakili 3,4% dari generasi listrik nasional pada tahun 2022, studi menunjukkan bahwa surya atap dapat akhirnya di banyak negara bagian jika diterapkan secara luas, membebaskan rumah-rumah Amerika dari ketergantungan pada bahan bakar fosil. Untuk membantu mempercepat adopsi, Undang-Undang Pengurangan Inflasi memperpanjang kredit pajak 30% untuk instalasi surya perumahan dan baterai.

Namun demikian, industri surya perumahan sedang goyah. Pada akhir 2023 saja, lebih dari 100 dealer dan instalatur surya perumahan di AS menyatakan bangkrut, menurut Roth Capital Partners—enam kali lipat jumlah dalam tiga tahun sebelumnya secara keseluruhan. Roth memperkirakan setidaknya 100 lagi yang akan gagal. Dua perusahaan terbesar di industri ini, SunRun dan Sunnova, keduanya melaporkan kerugian besar dalam laporan kuartalan terbaru mereka, dan saham mereka turun masing-masing 86% dan 81% dari puncaknya pada Januari 2021. (Ini bukan karena tren ekonomi secara keseluruhan; S&P 500 tumbuh 26% selama periode yang sama.) Sunnova juga menjadi sorotan karena telah menerima jaminan pinjaman $3 miliar dari sementara menghadapi banyak keluhan tentang praktik penjualan yang meragukan yang menargetkan pemilik rumah berpenghasilan rendah dan lanjut usia.

Di akar masalah ini adalah rekayasa keuangan yang rumit yang membantu perusahaan mengumpulkan uang tetapi yang beberapa investor dan analis katakan dibangun pada kerangka kebohongan—atau setidaknya penyimpangan.

Sejak setidaknya tahun 2016, perusahaan surya besar telah menggunakan uang Wall Street untuk mendanai pertumbuhan mereka. Finansialisasi ini meningkatkan biaya konsumen panel dan menyebabkan perusahaan secara agresif mengejar penjualan untuk membuat biaya meminjam uang Wall Street layak. Perusahaan surya nasional pada dasarnya menjadi perusahaan keuangan yang kebetulan menjual surya, terlibat dalam perhitungan yang mungkin terlalu optimistis tentang berapa banyak uang sewa dan pinjaman surya sebenarnya membawa masuk.

“Saya sering mendengar pembiayaan dan penjualan surya dibandingkan dengan Wild West karena kreativitas yang terlibat,” kata Jamie Johnson, pendiri Energy Sense Finance, yang telah mempelajari industri surya perumahan selama satu dekade. “Itu adalah mantra Silicon Valley untuk ‘pecahkan dan biarkan regulator mengatasinya.'”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.