Seorang pejalan kaki berjalan di sepanjang jalan yang banjir saat badai atmosfer yang berkepanjangan dan dahsyat, yang kedua dalam waktu kurang dari seminggu, menerjang California pada 4 Februari 2024 di Santa Barbara, California.

(SeaPRwire) –   (LOS ANGELES) — Yang kedua dari arus atmosfer bolak-balik mengambil tujuan di Southern awal Senin, melepaskan tanah longsor, membanjiri jalan raya dan memutus daya saat negara bagian yang basah kuyup bersiap menghadapi hujan lebat pada hari berikutnya.

Sekitar 1,4 juta orang di daerah Los Angeles, termasuk Hollywood Hills dan Beverly Hills, berada di bawah peringatan banjir bandang Senin pagi. Hujan sebanyak 9 inci (23 sentimeter) telah mengguyur daerah tersebut, dan masih banyak lagi yang diperkirakan, menurut Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat, yang menyebut banjir bandang dan ancaman tanah longsor sebagai “situasi yang sangat berbahaya”.

Di California Utara, badai menggenangi jalanan dan merobohkan pepohonan serta kabel listrik hari Minggu di seluruh Area Teluk San Francisco, di mana angin mencapai 60 mph (96 kpj) di beberapa daerah. Angin kencang yang melebihi 80 mph (128 kpj) tercatat di pegunungan.

Tepat di selatan di San Jose, tim tanggap darurat menarik penumpang keluar dari jendela mobil yang terdampar oleh banjir dan menyelamatkan orang-orang dari perkemahan tunawisma di sepanjang sungai yang naik.

Badai itu kemudian bergerak ke California Selatan, di mana para pejabat memperingatkan kemungkinan banjir yang dahsyat dan memerintahkan evakuasi ngarai-ngarai yang terbakar akibat kebakaran hutan yang baru-baru ini berisiko tinggi terhadap aliran lumpur dan puing.

“Kami mengalami banjir, angin kencang, kami mengalami semua itu di sini,” kata Todd Hall, ahli meteorologi di Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat dekat Los Angeles.

“Saya sudah membuat laporan kerusakan sepanjang malam, jadi saya telah melihat banyak kerusakan, dan orang-orang dievakuasi dari rumah karena tanah longsor,” kata Hall.

Kelas-kelas dibatalkan hari Senin untuk sekolah-sekolah di seluruh Santa Barbara County, yang hancur oleh tanah longsor yang disebabkan oleh badai dahsyat pada tahun 2018.

Di pesisir pantai, angin kencang dan hujan lebat membawa kondisi berbahaya ke kota Venturi, kata Alexis Herrera, yang mencoba menyedot sedannya yang penuh dengan air banjir. “Semua jalan tol di sekitar sini banjir,” kata Herrera dalam bahasa Spanyol. “Saya tidak tahu bagaimana saya akan memindahkan mobil saya.”

Lebih dari 543.000 pelanggan tidak memiliki listrik di seluruh negara bagian pada hari Senin pagi, menurut.

Palisades Tahoe, resor ski sekitar 200 mil (320 kilometer) timur laut San Francisco, mengatakan hari Minggu bahwa resor tersebut mengantisipasi hujan salju terberat musim ini, dengan akumulasi 6 inci (15 sentimeter) per jam dengan total hingga dua kaki ( 60 sentimeter). Salju lebat diharapkan turun hingga Senin di seluruh Sierra Nevada dan pengendara didesak untuk menghindari jalan-jalan di pegunungan.

Sebagian besar negara bagian telah mengering dari arus atmosfer yang bertiup minggu lalu, menyebabkan banjir dan menumpukkan salju yang diharapkan di pegunungan. Badai terbaru, yang juga disebut sebagai karena gumpalan kelembapannya membentang kembali melintasi Pasifik hingga dekat Hawaii, tiba di lepas pantai di California Utara pada hari Sabtu, ketika sebagian besar negara bagian berada di bawah semacam angin, gelombang pasang, atau banjir.

Arus atmosfer adalah gumpalan kelembaban yang relatif sempit yang terbentuk di atas lautan dan dapat menghasilkan hujan lebat saat bergerak di daratan.

Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat mengeluarkan peringatan yang langka untuk Central Coast, dengan hembusan angin hingga 92 mph (148 kpj) yang mungkin terjadi dari Monterey Peninsula hingga bagian utara San Luis Obispo County.

Perintah dan peringatan evakuasi diberlakukan untuk daerah pegunungan dan ngarai di Monterey, Santa Barbara, Ventura, dan Los Angeles. Pengawas Wilayah Los Angeles Lindsay Horvath mendesak warga di dekat area kebakaran hutan di ngarai Topanga dan Soledad untuk mematuhi perintah untuk keluar lebih dulu dari tanah longsor yang mungkin terjadi.

“Jika Anda belum pergi, kumpulkan keluarga, hewan peliharaan, dan obat-obatan Anda, lalu pergi segera,” kata Horvath pada pengarahan hari Minggu. Pemerintah daerah mendirikan tempat penampungan di mana para pengungsi bisa bermalam.

Gubernur Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk daerah Los Angeles, Orange, Riverside, San Bernardino, San Diego, San Luis Obispo, Santa Barbara, dan Ventura. Kantor Pelayanan Darurat Gubernur mengaktifkan pusat operasinya dan menempatkan personel serta peralatan di daerah yang paling berisiko.

Distrik Sekolah Bersatu Los Angeles, terbesar kedua di negara ini, mengatakan sekolah-sekolahnya akan dibuka Senin pagi, kecuali Topanga Elementary Charter School dan Vinedale College Preparatory Academy.

Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat memperkirakan curah hujan hingga 8 inci (20 cm) di seluruh pesisir pantai dan daerah lembah California Selatan, dengan kemungkinan 14 inci (35 cm) di kaki bukit dan pegunungan. Hujan lebat hingga sedang diperkirakan terjadi di California Selatan hingga Selasa.

“Badai itu benar-benar akan menyelimuti kita hari ini,” kata Hall. “Sayangnya benar-benar tidak ada kelegaan, karena hujan ini hanya mengguyur kita dan akan menurunkan hujan sedang hingga deras sepanjang hari.”

___

Videografer Associated Press Eugene Garcia di Ventura, California, dan reporter radio Julie Walker di New York berkontribusi pada laporan ini.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.