(SeaPRwire) –   Dalam episode awal dari Griselda Netflix, seorang detektif sedang mewawancarai seorang pelayan tentang tembakan mematikan di tempat kerjanya. Meskipun awalnya ia enggan, akhirnya ia mengungkapkan bahwa, mengejutkan, salah satu dari tiga orang yang ia lihat memasuki ruang belakang restoran malam itu adalah seorang wanita. “Pacar,” kesimpulan detektif laki-laki. Tetapi rekannya yang berperan sebagai penerjemah, yang telah bertindak sebagai penerjemah, mengantar pelayan keluar dari stasiun dan membujuknya untuk berkata lebih banyak. “Dia tidak berjalan seperti wanita yang menjadi pacar,” curhatnya. Dia terlihat “seperti bos.”

Figur otoritatif yang mereka bahas adalah Griselda Blanco, yang pemerintahan drama cepat enam bagian ini, yang akan tayang pada 25 Januari, mendokumentasikan. Dalam penyimpangan mencolok dari penampilan ringan yang membuatnya terkenal, Vergara melangkah ke peran judul wanita yang sejenak menaklukkan bidang yang paling didominasi laki-laki. Blanco nyata tampaknya memiliki kepribadian yang unik. Tetapi meskipun upaya Vergara yang patut dihargai untuk memberi karakter kedalaman, Griselda adalah narasi kisah klasik naik turun yang membuatnya menjadi sedikit lebih dari wanita dengan makeover.

Diciptakan oleh showrunner Narcos dan House of Cards Eric Newman, dengan Doug Miro, Ingrid Escajeda, dan Carlo Bernard, serial ini dibuka di negara asal Griselda Kolombia pada saat paling putus asa dari karier kriminal yang meliputi dari pertengahan tahun 1960-an hingga penangkapan Blanco pada tahun 1985. Dengan pengalaman sepuluh tahun menyelundupkan narkoba bersama suaminya Alberto (dimainkan oleh Alberto Ammann), ia terpaksa melarikan diri dari Medellin dengan tiga anaknya setelah rencana memalukan Alberto untuk menjualnya kepada adiknya yang menjijikkan untuk membayar hutang pasangan itu berakhir dengan kekerasan. Tujuannya: Miami era disko.

Griselda. (Kiri ke kanan) Martin Fajardo sebagai Ozzy, Sofia Vergara sebagai Griselda dalam episode 101 dari Griselda. Cr. Elizabeth Morris/Netflix © 2023

Yang tidak disebutkannya adalah kilogram kokain yang disembunyikannya ke AS di salah satu koper anak laki-laki. Meskipun bersikeras bahwa ia berniat menjual narkoba segera dan menggunakan hasilnya untuk memulai kehidupan normal bersama anak-anaknya, jelas bahwa ia tidak akan pernah puas menjawab telepon di meja resepsionis Carmen. Tentu saja, upayanya yang cukup sulit untuk menjual kilogram itu segera membawanya ke jantung dunia bawah tanah kriminal Miami. Dihina, diabaikan, dan sering diserang secara fisik karena ia seorang wanita – dan dalam penggambaran ini seorang wanita yang luar biasa cantik, meskipun Vergara memiliki sedikit kesamaan dengan Blanco nyata – Griselda semakin terdorong untuk tidak hanya menguasai perdagangan kokain kota itu, tetapi juga membuat pria-pria yang memperlakukannya dengan buruk membayar.

Griselda. Juliana Aidén Martinez sebagai June dalam episode 103 dari Griselda. Cr. Courtesy of Netflix © 2023

Pendekatan itu mungkin akan lebih meyakinkan jika kita pernah merasakan siapa June, di luar berbagai peran profesional dan pribadinya. Anak-anak Griselda, pengikut, dan kekasih hanya setara. Satu-satunya hal yang kita ketahui tentang pembunuh bayaran yang ingin membunuhnya tetapi kemudian menjadi karyawannya dan suaminya, Dario Sepúlveda (Alberto Guerra), adalah bahwa dia cukup sensitif untuk menghindari membunuh anak-anak. Hubungan Griselda dengan tangan kanannya Rivi Ayala (Martín Rodríguez), preman yang mengalami pencerahan rohani setelah menemukan halusinogen dan berbicara dalam koan mistis, mungkin menarik jika acara itu telah menginvestasikan lebih banyak waktu untuk mengeksplorasinya.

Griselda. Martin Rodriguez sebagai Rivi dalam episode 103 dari Griselda. Cr. Elizabeth Morris/Netflix © 2023

Yang paling mengecewakan adalah ketidakjelasan Griselda sendiri. Sebuah dokudrama tentang outlier sebesar Blanco seharusnya melukis potret karakter protagonis yang meyakinkan – dan, yang penting, spesifik. Sebaliknya, serial ini menggabungkan dua karakter stok: gangster yang didorong, kemudian ditakdirkan, oleh ego yang membengkak mereka sendiri dan bos wanita yang terobsesi dengan membuktikan bahwa mereka bisa melakukan apa pun yang bisa dilakukan anak laki-laki, ke belakang dan dengan gaun emas ketat. Penulis benar-benar, lelah, menekankan subteks feminis. Griselda terus mengatakan hal-hal seperti, “Setiap ruangan yang kumasuki, saya hanyalah seorang wanita,” seolah kita mungkin lupa dengan penderitaannya. Seseorang selalu memanggilnya ibu rumah tangga, pelacur, atau karakter wanita kuat khas, “badass”. Vergara menguasai aspek emosional dari busurnya, menggunakan wajah dan tubuhnya untuk menyampaikan pergeseran halus dalam tingkat kepercayaan diri Griselda, rasa bersalah atas tindakan benar-benar mengerikan yang diperintahkannya, dan akhirnya, paranoia bunuh diri yang diserap kokain.

Griselda. Martin Rodriguez sebagai Rivi dalam episode 103 dari Griselda. Cr. Elizabeth Morris/Netflix © 2023

Dan jadi cerita nyata dengan potensi untuk memantik studi karakter yang unik menjadi, sebaliknya, fiksi gangster tipikal di atas sepatu hak tinggi berlumuran darah, ditutup dengan pengakhiran terburu-buru, ringkasan Wikipedia. Jika popularitas Narcos dan sejenisnya adalah indikasi apa pun, hasilnya kemungkinan akan memuaskan banyak penonton. Bantuan bahwa, dari segi teknis, dari penampilan alami yang menyegarkan hingga editing yang efisien hingga kostum dan desain produksi yang menggambarkan Miami akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, Griselda bersinar. Namun tanpa apa pun yang baru untuk dikatakan, tampaknya terkutuk untuk berakhir sebagai hit Netflix sesaat lainnya, ditonton dalam sepekan dan dilupakan dalam sebulan sejak dirilis.

“Aku bahkan tidak tahu mengapa aku melakukan semua ini,” ratap Griselda di akhir serial, setelah pesta yang buruk. “Mengapa aku membunuh orang-orang itu.” Juga penonton tidak tahu. Dan saat akhirnya ia bertanya apa tujuan semua kekerasan itu, Anda mungkin mulai bertanya-tanya mengapa Anda tetap tinggal untuk menontonnya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.